Kamis, 28 April 2016

Bunga Begonia



Begonia merupakan salah satu tanaman hias yang menjadi favorit banyak orang. Begonia dikenal mudah berkembang biak dan memiliki bunga yang indah. Jika Anda ingin menambah koleksi tanaman di dalam rumah, menghadirkan tanaman gantung, atau memperindah taman di halaman rumah maka pertimbangkanlah untuk menanam begonia. Begonia adalah tanaman tropis/subtropis. Di negara empat musim begonia menjadi tanaman semusim yang setiap tahun perlu ditanam ulang. Namun demikian, begonia memberikan keindahan yang sebanding.

1
Siapkan area tanam di taman atau pot. Jika Anda berniat menanam begonia di luar ruangan, galilah lubang pada tanah dengan kedalaman beberapa sentimeter untuk memasukkan benih ataupun umbi begonia. Jika Anda akan menanamnya di dalam bedeng atau pot maka sediakan bedeng/pot yang cukup untuk menampung pertumbuhan akar tanaman. Anda bisa juga menggabungkannya dengan tanaman lain dalam pot. Prinsipnya begonia tidak memerlukan ruang yang terlalu luas sehingga Anda bebas menanamnya di mana pun—berdekatan dengan tanaman lain di taman ataupun pada bagian tepi bedeng/pot tanaman.
2
Tanam Begonia Anda. Masukkan umbi, benih/biji, atau setek begonia ke dalam lubang yang telah Anda gali. Setiap tanaman sebaiknya ditempatkan dalam satu lubang tersendiri, namun boleh saja bila Anda ingin menanamnya dalam satu lubang. Selanjutnya, tutup bagian atasnya dengan tanah atau campuran media tanam yang telah disiapkan untuk penanaman dalam pot. Jika Anda menanam begonia kecil (yang sudah tumbuh), buang sedikit akarnya sebelum memasukkannya ke dalam lubang.
3
Siram Tanaman. Sebagian besar tanaman memerlukan penyiraman yang lebih banyak pada awal penanaman. Hal itu dilakukan untuk menghindari fenomena yang dikenal sebagai ‘kejutan karena pemindahan’. Siramlah begonia yang baru Anda tanam dengan cukup air sehingga tanahnya basah namun tidak menggenang. Demikian, penyiraman perlu terus dilakukan untuk beberapa hari ke depan. Anda bisa melakukan penyiraman secara manual atau menggunakan penyiram otomatis (sprinkler). Begonia tidak tahan dengan siraman yang terlalu kuat. Oleh karena itu cukup lakukan penyiraman ringan namun konstan sehingga kelembapan tanah terjaga. Bahkan jika hujan turun terlalu lebat, Anda perlu memindahkan pot begonia ke teras atau ke dalam rumah untuk mencegahnya tergenang oleh air hujan.
4
Memelihara Begonia. Jika Anda menanam begonia di dalam pot dan menempatkannya di teras atau di dalam rumah, Anda tidak perlu berurusan dengan gulma yang mengganggu. Sebaliknya, jika Anda menanamnya di ruang terbuka seperti taman/kebun, Anda perlu mengecek setiap beberapa hari serta membersihkan gulma yang tumbuh. Tambahkan pupuk cair dengan komposisi 20-20-20 sekali sebulan, atau sebagai nutrisi tambahan bisa diberikan campuran sedikit kompos dan lumut gambut (peat moss). Jika mau, Anda bisa menambahkan tumpukan jerami yang berfungsi menangkap kelembapan (sehingga bisa mengurangi intensitas penyiraman) sekaligus mencegah tumbuhnya gulma.
5
Memotong bagian yang layu. Seiring waktu Anda mungkin akan mendapati bagian-bagian tanaman (bunga, daun, dll.) yang berubah warna menjadi cokelat dan layu. Pada kondisi demikian Anda harus membersihkan bagian-bagian yang layu itu dengan cara memotong atau memetiknya. Tindakan tersebut memungkinkan pertumbuhan tunas baru serta menditribusikan nutrisi ke bagian lain dari tanaman. Jika musim bunga mekar sudah berakhir, Anda juga harus membersihkan kuncup bunga atau bagian lain tanaman yang layu/mati dan tetap membiarkan bagian yang masih hijau/segar
6
Lindungi begonia dari hama. Sekalipun tanaman di ruang luar selalu berisiko terhadap fenomena alam yang mengganggu, tanaman di dalam rumah pun dapat terserang hama. Jagalah agar begonia yang Anda tanam terhindar dari siput dan keong. Caranya dengan menaburkan kulit telur yang sudah dihancurkan ke sekitar pangkal tanaman. Begonia yang diletakkan di ruang dalam sering kali diserang hama kutu putih (mealy bug) yaitu serangga kecil berwarna putih/abu-abu yang bersifat parasit. Hama tersebut dapat dibasmi dengan cara menyemprotkan alkohol. Berbagai hama lain dapat dibasmi dengan memberikan insektisida khusus untuk tanaman hias

Tidak ada komentar:

Posting Komentar