Kamis, 28 April 2016

Bunga Kaktus



Kaktus adalah tumbuhan yang indah untuk menghiasi rumah atau taman Anda, baik tujuan Anda menanamnya adalah untuk dimakan, ataupun hanya sekadar menjadi tanaman hiasan saja. Kebanyakan orang membayangkan sebuah tanaman berduri yang sendirian dan berdiri di gurun pasir ketika mendengar kata kaktus. Faktanya, tumbuhan berfamili Cactaceae ini memiliki varietas spesies yang dapat tumbuh dan berkembang dengan baik pada lingkungan yang lembap. Dalam merawat kaktus, baik yang berjenis tinggal di lingkungan gersang maupun lembap, Anda harus memerhatikan jumlah paparan matahari yang diterima kaktus, serta banyak air dan jenis tanah pada wadah di mana kaktus tertanam dan Anda juga harus membuat penyesuaian kecil agar tanaman tersebut dapat berkembang. Perhatikan langkah di bawah ini untuk memulai menanam kaktus.
1
Petik polong biji dari kaktus atau beli bibit kaktus. Anda memiliki dua pilihan untuk mendapatkan bibit untuk memulai penanaman kaktus Anda, yaitu: dengan membeli bibit dari toko/supplier tanaman, atau Anda juga dapat memetiknya langsung dari kaktus yang Anda miliki. Di sini, sebenarnya Anda memilih antara harga dan kemudahan -- biji yang dapat dibeli di toko harganya murah dan sudah dibungkus dengan rapi, sedangkan biji yang Anda petik sendiri akan membutuhkan beberapa proses lebih lanjut.
2
Jika Anda memanen biji kaktus dari polongnya, petiklah polong-polongnya. Petik polong atau buah dari kaktus sebelum polong/buah tersebut mengering. Polong/buah tidak harus memiliki kelembaban yang sangat tinggi, namun setidaknya masih sedikit basah jika Anda menekannya. Biji kaktus bisa memiliki bentuk dan penampilan yang berbeda-beda. Beberapa jenis biji berwarna hitam pekat atau terdapat bintik-bintik kemerahan yang terlihat jelas, ada juga yang berbentuk sangat kecil dan halus, sehingga terlihat seperti pasir atau debu.
3
Selanjutnya, panenlah biji kaktus dari dalam polong yang telah Anda petik. Setelah Anda memetik semua polong matang dari kaktus Anda, kini saatnya Anda untuk mengeluarkan biji-biji yang terdapat di dalamnya. Mulailah dengan membelah bagian atas polong menggunakan pisau yang tajam. Lalu, belah salah satu sisinya agar Anda dapat melihat di mana biji terdapat. Lalu, keluarkan biji-biji tersebut dengan mengoreknya dari dalam polong.
4
Tanamlah biji-biji kaktus pada tanah berdaya serap tinggi. Biji yang Anda dapatkan baik dari toko ataupun dari hasil panen, Anda harus menanamnya pada penampung yang bersih dan dangkal yang diisi dengan tanah yang cocok untuk menanam kaktus tersebut. Gemburkan tanah dengan baik sebelum Anda menanam kaktus agar air tidak menggenang. Lalu, sebarkan bibit pada permukaan tanah(tidak perlu dikubur). Setelah itu, tutup biji-biji tersebut dengan lapisan tanah/pasir yang sangat tipis. Biji kaktus hanya memiliki sedikit cadangan energi, dan jika tertanam terlalu dalam, mereka akan kehabisan energi sebelum mampu mencapai permukaan tanah.
5
Tutup wadah penampung dan biarkan terpapar sinar matahari. Setelah Anda menggemburkan tanah dan menanam biji kaktus, tutuplah wadah Anda dengan tutup transparan (seperti bungkus plastik bening) lalu letakkan di tempat di mana biji dapat menerima cahaya matahari yang cukup -- jendela dimana sinar matahari bisa masuk adalah tempat yang bagus. Jangan memberikan paparan matahari yang intens dan secara terus-menerus, namun cukup dengan sinar matahari sedang untuk beberapa jam setiap harinya. Tutup transparan yang Anda gunakan akan menjaga kelembaban sembari kaktus-kaktus Anda mulai bertumbuh sambil disinari oleh cahaya matahari.
6
Letakkan kaktus tropis pada tempat yang bersuhu hangat dan konsisten. Kaktus gersang secara alaminya dapat bertahan hidup pada suhu yang ekstrim (sangat panas di siang hari dan sangat dingin di malam hari), sedangkan kaktus tropis lebih cocok bertahan hidup pada lingkungan yang segar dan bersuhu konsisten. Maka, letakkanlah kaktus tropis pada tempat yang terhindar dari perubahan suhu lingkungan yang ekstrim agar dapat tumbuh dengan baik. Usahakanlah untuk membiarkan kaktus tropis pada suhu 21-24 derajat celsius -- rumah kaca adalah tempat yang sangat cocok untuk kaktus tropis. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar