Kamis, 28 April 2016

Bunga Safron

Bunga Saffron (Crocus Sativus L) sering juga disebut kuma-kuma biasanya ditambahkan ke dalam masakan kare, paella, dan sebagainya. Sehingga masakan menjadi lebih berwarna kuning. Bunga saffron umumnya mekar di bulan Oktober, dengan berwarna biru keunguan atau mendekati pink.

Bunga yang berasal dari berasal Mediterania timur ini memiliki 3 tangkai putik, dengan kepala berwarna merah gelap. Bunga saffron mempunyai rasa agak pahit dan aroma wangi. Ekstrak bunga saffron sering digunakan sebagai bahan parfum. Nama bunga ini diambil dari bahasa latin yaitu safranum.

Nutrisi dalam bunga saffron

Rasa pahit dari bunga ini ditimbulkan oleh zat picrocrocin dan safranal. Zat crocin di dalamnya dapat menyebabkan makanan berwarna kuning. Saffron mengandung ratusan senyawa yang mudah menguap dan senyawa karotenoid. Senyawa yang tidak mudap menguap seperti likopen, zeaxanthin, dan berbagai jenis karoten.

Saffron juga mengandung sejumlah nutrisi penting seperti protein, karbohidrat, vitamin A, B, C, zat besi, natrium, kalsium, kalium, selenium, magnesium, fosfor, zinc, asam folat, lemak, dan serat.
5 Manfaat Bunga Saffron Bagi Kecantikan Kulit dan Rambut

Saffron sering digunakan dalam pembuatan bahan kosmetik seperti krim dan lotion, untuk meningkatkan kecantikan kulit dan rambut. Berikut adalah manfaat saffron untuk kecantikan:

1. Mengurangi flek hitam di wajah

Untuk mengurangi noda hitam pada wajah karena paparan sinar UV, cobalah cara alami. Caranya, campur safron dengan bubuk cendana dan susu sampai membentuk pasta lembut. Terapkan pada kulit wajah yang kecokelatan. Setelah pasta menjadi kering, bilas dengan air yang mengalir. Lakukan perawatan wajah ini secara teratur setiap hari.

2. Mengobati jerawat

Sifat anti-bakteri yang terdapat di dalam bunga saffron berguna untuk mengurangi jerawat di wajah. Untuk menghilangkan jerawat, tumbuk bunga saffron dan daun kemangi kemudian terapkan pada wajah anda.

3. Melembabkan kulit

Untuk melembabkan dan menyegarkan kulit wajah, rendam saffron dan mawar ke dalam segelas air selama beberapa menit. Basuh wajah anda dengan airnya. Cara ini juga dapat mengatasi kulit kering.

4. Menghilangkan kantung mata

Untuk mengatasi mata panda atau kantung mata, rendam bunga saffron ke dalam air bersih selama semalam. Tambahkan minyak kelapa ke dalam airnya, pada keesokan harinya. Terapkan pada kulit di sekitar mata dan pijat dengan lembut. Lakukan perawatan ini dengan rutin setiap hari.

5. Mencegah rambut rontok

Campur saffron dengan susu dan akar manis (licorice) hingga terbentuk pasta. Aplikasikan pada kulit kepala, untuk mengatasi rambut rontok dan melebatkan rambut anda.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar