Kamis, 12 Mei 2016

Bunga Bugenvil

Tanaman bugenvil merupakan pohon kecil yang sukar tumbuh tegak. Keindahannya berasal dari seludang bunganya yang berwarna cerah dan menarik perhatian karena tumbuh dengan rimbunnya. Seludang bunga ini kerap dianggap sebagai bagian bunga, walaupun bunganya yang benar adalah bunga kecil yang terlindung oleh seludang. Dengan bunganya yang beraneka warna, tanaman ini umum dijumpai dan sangat populer menghiasi pekarangan rumah.
Selain dikenal karena keindahan bunganya, tanaman hias asal Amerika Selatan ini ternyata juga dapat bermanfaat untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan, antara lain bisul, hepatitis, biang keringat dan keputihan.
Kandungan Kimia
Kembang kertas atau bougainville atau bugenfil mempunyai rasa pahit, kelat, dan hangat. Beberapa bahan kimia yang terkandung dalam bugenfil di antaranya betanidin, isobetanidin, 6-o-P-saphoroside, dan 6-o-rhamnosysophoroside.
Efek Farmakologis
Efek farmakologis bugenfil di antaranya melancarkan peredaran darah.
Perbanyakan dan Perawatan
Perbanyakan tumbuhan bugenfil dapat dilakukan dengan setek batang, cangkok, okulasi, atau biji. Bugenfil dirawat dengan disiram air yang cukup, dijaga kelembapan tanahnya, dan dipupuk dengan pupuk organik. Untuk tempat tumbuhnya, dibutuhkan tanah gembur berpasir, terbuka, dan selalu terkena sinar matahari.
Bagian Tumbuhan Yang Digunakan
Bunga dan batang bugenfil dapat dimanfaatkan untuk mengobati beberapa penyakit sebagai berikut:
1.Bisul
Cuci bersih bunga bugenfil dan daun cocor bebek (Kalanchoe pillnata {Lam.}Pers.) secukupnya. Tumbuk kedua bahan tersebut sampai halus lalu tempelkan pada bisul. Lakukan secara rutin sampai bisul peed’. Ramuan ini hanya digunakan sebagai obat luar.
2. Biang keringat dan gatal-gatal (pruritis)
Cuci bersih bunga bugenfil, daun sirih (Piper betle L.), dan daun lidah buaya (Aloe uera) yang sudah dikupas, masing-masing secukupnya. Rebus semua bahan tersebut sampai mengental lalu dinginkan. Oleskan cairan kental (gel) ini pada biang keringat dan bagian yang gatal. Lakukan secara teratur dan sesuai dengan kebutuhan sampai biang keringat serta gatal-gatal hilang. Ramuan ini hanya digunakan sebagai obat luar.
3. Hepatitis
Cuci 15 g batang bugenfil sampai bersih lalu rebus dengan 2 gelas air sampai tersisa 1 gelas. Saring air rebusannya lalu minum saat hangat sebanyak 1 gelas sehari.
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar