Senin, 02 Mei 2016

Bunga Tapak Dara



Tapak dara merupakan tanaman liar yang memiliki bunga di ujung tangkainya atau disetiap ketiak daunnya. Tanaman yang dapat tumbuh hingga 1 meter ini memiliki bunga berwarna merah keunguan.

Tapak dara sangat mudah dibudidayakan, yakni dengan cara stek, ataupun dengan menyebarkan bijinya.

Menyoal khasiatnya, tanaman yang memiliki nama latin Catharanthus roseus ini ternyata mampu mengatasi berbagai macam penyakit berat, seperti kanker, leukemia, diabetes dan batu ginjal.

Ya, khasiat
herbal yang dimilii tapak dara ini tentu saja tak lepas dari kandungan kimia yang terkandung di dalamnya. Diketahui, tapak dara mengandung alkaloid vinblastine, vincristine, leurosine, catharanthine, dan lochnerine yang berkhasiat sebagai antikanker.

Pemanfaatan daun dan bunga tapak dara sebagai obat penyakit ganas, dapat dilakukan dengan cara di bawah ini, yuk simak!

Mengobati Leukimia. Untuk mengatasi masalah leukimia, rebuslah 20 gram daun tapak dara dan juga adas pulawaras memakai 1 liter air lalu disaring. Anda bisa menggunakan ramuan ini untuk diminum 2 kali sehari.

Mencegah Kanker. Rebuslah 15 gram tapak dara segar, 30-60 gram daun pepaya segar, 30 gram daun bayam merah segar, 30 gram rumput mutiara dengan 700 cc air hingga tersisa 300 cc, lalu disaring dan ditambahkan madu, diminum tiga kali sehari, setiap kali minum 100 cc.

Mengatasi Kanker Payudara. Sediakan 6 sampai 15 gram tapak dara kering direbus dengan 400 cc air hingga tersisa 200 cc, lalu disaring dan diminum airnya.

Mengatasi Kanker Rahim. Siapkan 15 gram bunga tapak dara, 30 gram rumput lidah ular, direbus dengan 600 cc air hingga tersisa 200 cc dan diminum airnya.

Mengatasi Batu Ginjal. Sediakan 30 gram daun tapak dara, 30 gram daun keji beling, 15 gram daun tempuyung, direbus dengan 600 cc air hingga tersisa 300 cc. Kemudian, disaring dan diminum dua kali sehari.

Kencing Manis (Diabetes Mellitus). Untuk mengobati diabetes mellitus alias kencing manis, Anda dapat merebus `15 lembar daun yang dicampur 3 gelas sampai tersisa segelas saja. Sesudah itu dinginkan dan diminum.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar