Senin, 02 Mei 2016

Bunga Rambat



Tanaman rambat merupakan jenis tumbuhan favorit yang dipakai untuk menghias bagian luar rumah. Biasanya, tanaman rambat ini digunakan pada kanopi dan pergola. Kalau untuk pagar, ada beberapa macam tanaman rambat yang dapat dipakai sebagai penutup.

Tanaman rambat yang biasanya menjadi pilihan sebagai penutup pagar adalah tanaman yang mempunyai bunga cantik. Contoh dari tanaman tersebut adalah alamanda, air mata pengantin, dan melati belanda. Tanaman rambat ini cocok ditanam pada daerah panas.

Tanaman rambat memiliki masa berbunga yang berbeda-beda. Beberapa contoh tanaman rambat yang rajin berbunga adalah alamanda dan air mata pengantin. Seberapa sering bunga muncul ditentukan oleh kondisi cuaca dan iklim. Saat tanaman 'malas' untuk berbunga, disarankan untuk menyiram secara rutin dan memberikan pupuk jenis NPK pada tanaman supaya berbungan dengan lebih rutin. Pupuk NPK diberikan paling tidak satu bulan sekali.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum menanam tanaman rambat sebagai penutup pagar. Bila pagar yang dipunyai berukuran besar, maka disarankan untuk memakai tanaman rambat yang berdaun lebar, seperti alamanda dan tanaman passiflora. Namun, jika pagar berukuran kecil, maka gunakan jenis tanaman rambat dengan daun dan bunga yang kecil, seperti air mata pengantin dan melati belanda. Tujuan dari hal ini adalah untuk membuat tampilan menjadi lebih seimbang sehingga pagar terlihat cantik.
Cara Menanam Tanaman Rambat
  1. Berikut ini adalah langkah-langkah yang mesti dilakukan untuk menanam tanaman rambat.
  2. Tanah yang akan ditanami tanaman rambat harus dibersihkan terlebih dahulu.
  3. Lapisi tanah dengan tanah merah yang sudah dicampur dengan pupuk kandang bila memang dibutuhkan.
  4. Perhatikan karakteristik tanaman rambat yang akan ditanam sebelum menanam tanaman. Tanaman rambat seperti daun dolar, akarnya dapat menempel di dinding maka tidak membutuhkan tumpuan tambahan untuk merambat, Sementara tanaman rambat lain seperti alamanda dan morning glory mesti dililitkan pada pagar atau kawat supaya tanaman ini akan melilit pagar sesuai dengan keinginan saat tumbuh. Diperlukan 2 - 3 polybag tanaman rambat yang ditanam untuk jarak setiap 1 meter.
  5. Jangan lupa menyiram sesudah tanaman selesai ditanam. Berikutnya, lakukan perawatan yang tepat supaya tanaman dapat tumbuh dengan maksimal.

Cara Membuat Tanaman Rambat Tumbuh dengan Baik
  • Pilih tanaman sesuai dengan keperluan. Pasalnya, setiap tanaman rambat memiliki karakter tersendiri.
  • Sebaiknya lakukan penanaman bibit pada musim hujan bila tanaman rambat ditempatkan pada area yang terbuka.
  • Tanaman rambat amat menyukai sinar matahari penuh. Oleh karena itu, letakkan tanaman ini di tempat yang terkena sinar matahari.
  • Buat pengikatan tanaman pada rambatan. Gunanya adalah untuk mengatur bentuk dan arah tanaman sesuai dengan kemauan.
  • Lakukan pemangkasan secara berkala. Pangkas tanaman rambat dengan teknik pangkas samping, yakni memotong bagian samping, bukan pada bagian yang utama.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar